+ -

Pages

Thursday, 1 August 2013

Check List / Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir (New Born)

Mari kita berbagi, my first pregnant membuat saya selalu ingin tahu dan mencari-cari tentang my lovely baby, umur pregnant sudah masuk 6 Bulan, how amaze yah become a mom... ^^
Share kali ini tentang persiapan keperluan baby... estimasinya bisa dibeli saat usia kandungan kita 7-8 bulan... yuxx di simak ya mommy....

Berikut ini adalah daftar kebutuhan bayi yang ideal menurut versi saya. Daftar ini fleksibel dan masih bisa disortir, baik dikurangi maupun ditambahi menurut kemampuan budget dan prioritas kebutuhan dari masing-masing orang tua.




Perlengkapan dasar untuk bayi baru lahir:
  1. Popok kain (bisa juga menggunakan cloth diaper/popok modern yg bisa dicuci untuk new born dg tipe all in two atau bisa juga pake disposable diaper ukuran new born ato ukuran S, tergantung besarnya bayi)
  2. Baju ukuran S (panjang, pendek)
  3. Celana ukuran S (panjang, pendek)
  4. Kaos dalam bayi ukuran paling kecil, yaitu 14
  5. Kain bedong
  6. Aksesoris:  topi bayi, atau juga bisa bandana (untuk bayi perempuan)
  7. Kaus kaki dan kaus tangan tangan
  8. Gurita bayi (ini dipergunakan sampai dengan pusar bayi puput. DSA tidak menyarankan menggunakan gurita sebab bisa membuat bayi cepat muntah, karena perutnya yang belum sempurna betul tertekan oleh gurita)
  9. Perlak / alas ompol (Sebaiknya pilih yang terbuat dari karet daripada yang plastik, karena lebih nyaman dan dingin)
  10. Gendongan bayi ukuran new born (Dengan gendongan tradisional seperti kain panjang, juga tidak apa-apa)

Catatan: 
Dengan asumsi mencuci setiap hari, sedang berlangsung musim panas, bayi tidak sering muntah, tidak sering terkena ompol/pup, maka baik baju, celana dan kaos dalam sebanyak 6 pcs saja sudah cukup


Perlengkapan tidur:

  1.  Selimut bayi (yang tipis dan yg besar, dan juga  selimut tebal khusus untuk membawa bayi yang belum bisa pake jaket atau untuk new born yang baru keluar dari RS, saya tidak ingat istilah untuk barang ini apa?)
  2. Tempat tidur bayi (box bayi)
  3. Bantal anti peyang, kasur bayi, guling
  4. Sprei tempat tidur bayi
  5. Kelambu bayi (apabila tidak membeli box bayi, ada kelambu bayi yang dijual terpisah dengan bentuk seperti tudung saji. Jika membeli box bayi, biasanya termasuk juga kelambu khusus box sebagai paketnya)


Peralatan mandi dan bersih-bersih:
  1. Set perlengkapan mandi. (Biasanya nanti dapat paket kecil perlengkapan mandi dari Rumah Sakit sebagai hadiah service persalinan. Toiletries bayi banyak macamnya, ada hair lotion lah, body lotion, dll lah. Kalau saya mengambil yang minimalis saja yaitu sabun sekaligus shampoo biasanya namanya hair&body/top to toe (biar ga ribet), bedak, cologne, sisir, korek kuping bayi, dan baby oil buat mijit.
  2. Bak mandi khusus untuk bayi
  3. Handuk bayi (Tidak khusus untuk bayi juga tidak apa-apa, yang penting ukuran lebarnya kira-kira setinggi bayi, supaya tidak repot karena terlalu besar. Terkadang bayi yang sangat aktif membuat sulit menggunakan handuk lebar)
  4. Kapas bulat untuk membersihkan pup/pee bayi
  5. Ember kecil untuk wadah air pencelup kapas bulat
  6. Tempat sampah kapas kotor
  7. Washlap/tissue kering (untuk mengelap dan mengeringkan pantat dan kelamin bayi yang baru dibersihkan dengan kapas namun masih basah)
  8. Set gunting kuku bayi (gunting, kikir, potongan kuku)
  9. Detergen khusus untuk pakaian bayi (ada berbagai merek, seperti Jhonson, Sleek dan Molto)

Catatan:
Ketika membersihkan pantat dan kelamin bayi, lebih baik menggunakan air dan kapas saja daripada menggunakan tisu basah, karena tisu basah mengandung bahan kimia yang belum tentu cocok bagi bayi sehingga dapat menyebabkan ruam popok


Perlengkapan kesehatan sehari-hari:
  1. Termometer
  2. Obat penurun panas khusus bayi yang mengandung paracetamol
  3. Transpulmin (salep untuk flu/batuk/pilek khusus bayi) => bisa beli di apotik, saya membeli di apotik Century
  4. Minyak telon untuk menghangatkan perut bayi
  5. Cream anti ruam popok (ato bisa pake cream bayi yg mengandung zinc oxide). Saya menggunakan produk cream cussons care warna kuning
  6. Bedak anti gatal (Saya menggunakan caladine baby) 
  7. Alkohol dan kain kassa untuk perawatan tali pusar (biasanya ini juga dapat dari RS)


Perlengkapan bepergian:
  1. Baby stroller
  2. Car seat
  3. Tas khusus untuk perlengkapan bayi. Kalau bisa, tas tersebut anti air, jadi kalau tiba-tiba kehujanan, barang-barang bayi tidak ikut basah.
  4. Cadangan disposable diaper dan perlengkapan bersih-bersih
  5. Jaket dan topi bayi


Untuk ibu-ibu yang ingin asi exclusive namun juga bekerja(ingin punya stock asi perah (asip)
  1. Breast pump
  2. Botol kaca tempat penyimpanan asip. Botol ini bisa dibeli baik di toko online maupun di toko yang berdagang di pasaran.
  3. Spidol, marker, label: untuk memberi tanggal di botol kaca asip
  4. Pemanas susu (menggunakan panci biasa juga bisa).
  5. Cooler bag
  6. Ice gel
  7. Kulkas 2 pintu dengan freezer cukup besar. Atau bisa juga sewa freezer. Ada provider yang menyewakan kulkas freezer saja dengan biaya sebesar Rp 100 ribu/bulan. Informasinya bisa dicari di kaskus
  8. Cup feeder. Saya menggunakan merek Medela. Pada awalnya, produk ini diperuntukkan agar bayi tidak bingung puting. Namun, ternyata anak saya tidak mau menggunakan cup feeder, maka dia minum asip dengan menggunakan botol.
  9. Botol susu bayi yang BPA Free (untuk dot saya menggunakan dot peristaltic, yang menurut saya paling alami dan paling mendekati menyusui pada ibunya)
  10. Sikat botol bayi yang ada spons-nya
  11. Sabun cair pembersih botol bayi
  12. Cairan sterilisasi/hygiene liquid. Saya menggunakan merek Sleek (Ini opsi saja, karena untuk mensterilkan dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu merebus botol selama ± 5 sd 10 menit)

Catatan:
    Untuk breast pump, ada yang manual, maupun yang electric. Memompa payudara juga bisa menggunakan tangan. Dari pengalaman siyh, daripada menggunakan pompa baik yang manual maupun electric, lebih cepat menggunakan tangan. Untuk caranya, bisa dibrowsing di internet, lalu coba untuk diaplikasikan. Namun, jika tidak yakin akan cara yang paling betul dan tidak memberikan dampak kesehatan apapun, sebaiknya berkonsultasi dengan konselor laktasi, maupun DSOG).
    Agar asi lancar, maka sebaiknya melakukan massage payudara ketika sudah hamil tua. Namun, hati-hati, sebab pijat payudara dapat menyebabkan kontraksi. Sebaiknya, diskusi dengan konselor laktasi maupun DSOG, untuk lebih memastikannya.


Perlengkapan berenang bayi
  1. Ring neck (ban untuk berenang bayi yang ditaruh di leher)
  2. Cairan higienis (hygiene liquid), misalnya merek Dettol ato Sleek juga bisa
  3. Kolam renang bayi. (Atau bisa menggunakan bak di kamar mandi namun harus merebus air panas dengan menggunakan panci besar, karena air untuk mandi baby harus hangat. Atau jika memang ada mesin pemanas air, tak perlu merebus air panas)

Catatan:
    Jika tidak mau repot, dapat pergi ke baby spa, disana bayi akan dipijat + berenang, tanpa kita harus repot menyiapkan apapun selain uang.
    Saya memasukkan perlengkapan berenang bayi ini sebagai kategori penting untuk dimiliki, karena berenang memiiki banyak kegunaan untuk bayi, misalnya melatih motorik, keberanian, dsb. Selain itu, orang tuanya pasti gembira melihat si kecil happy kecipak kecipik main air. Setelah berenang, dijamin bayi tidur pulas :P


Perlengkapan untuk ibu yang perlu dibawa ketika ke rumah sakit:
  1. Daster atau baju dengan kancing depan untuk menyusui
  2. Bra khusus untuk ibu menyusui
  3. Breast pad (Ada yang disposable (sekali buang) misalnya merek pigeon, atau bisa juga menggunakan washable breast pad (breast pad yang bisa dicuci), misalnya merek GG dsb yang bisa dibeli di toko online. Saya belum pernah coba bertanya produk ini di Tanah Abang.
  4. Pembalut maternity atau pembalut yg night long juga bisa
  5. Kain / sarung / rok (Karena baik persalinan normal maupun operasi SC di hari-hari awal persalinan biasanya belum bisa memakai celana panjang
  6. Roti / makanan dan minuman untuk suami (siapa tahu nanti tidak sempat keluar / tidak ada yang bergantian menemani istri)
  7. Gurita / stagen untuk ibu

Catatan: 
Paska persalinan saya mengkonsumsi:
  1. Sari kacang hijau. 
  2. Ekstrak katuk (setelah obat dari dokter sudah habis). Saya mengkonsumsi yang merek Lancar Asi, yang bisa dibeli di apotik. Saya mengkonsumsi ini hanya sampai dengan 3 bulan. Bulan berikutnya hanya mengkonsumsi buah dan sayur dalam porsi yang lebih banyak, serta tidak lupa air putih.
  3. Susu khusus ibu menyusui
5 Unpredictable of Mind: Check List / Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir (New Born) Mari kita berbagi, my first pregnant membuat saya selalu ingin tahu dan mencari-cari tentang my lovely baby, umur pregnant sudah masuk 6 B...

No comments:

Post a Comment

< >