+ -

Pages

Thursday 7 November 2013

My Pregnancy : 37 Weeks "Persiapan Lancar ASI"

Banyak baca dan mendengar, semakin dekat dengan "due date". apalagi ditambaha cerita pengalaman teman-teman yang seperjuangan baru melahirkan. Kasus yang dialami rata-rata yakni ASI kurang lancar sehingga tervonis lah "baby kuning"...

that's so i'm starting "katuk program" everydays, coz' i'm vegetarian it's so easy for me.. ^^
let's mom do it and i also share some tips "smooth ASI"

  1. 1. Penuhi kebutuhan nutrisi, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang dan baik. Hal ini bertujuan agar ASI yang keluar dapat lancar dan eksklusif.
  2. 2. Meningkatkan frekuensi menyusui, memompa dan memeras ASI, hal ini bertujuan untuk menciptakan produksi ASI yang banyak. Dapat diketahui bahwa semakin jarang si bayi disusui oleh ibunya, maka semakin berkurang produksi ASI oleh sang ibu. Jika sang ibu pun sibuk bekerja, jarang bekerja dan takut akan berkurangnya produksi ASI, maka sang ibu tersebut dapat menggunakan alat khusus yang berfungsi untuk memompa payudara agar produksi ASI tetap banyak.
  3. 3. Meminimalisir tingkat gangguan psikologis yang dialami, gangguan ini misalnya seperti stres, dll. Stres sendiri dapat mengakibatkna produksi ASI berkurang. Ini terjadi karena sang ibu tidak dalam keadaan rileks, tenang, dan senang. Faktor kejiwaan pun menjadi penyebab berkurangnya ASI dan berakibat buruk terhadap sang bayi karena jumlah ASI yang mereka hisap semakin sedikit.
  4. 4. Merawat payudara,ASI memang tergantung terhadap nutrisi yang terkandung di dalam tubuh sang ibu. Akan tetapi menjaga keindahan bentuk payudara pun juga sangat penting karena banyak perempuan yang tidak mau menyusui anaknya hanya gara-gara mereka takut payudara merea menjadi lembek dan tidak kencang. Oleh karena itu diperlukan sedikit perawatan untuk payudara sang ibu. Caranya adalah dengan memijat-mijat payudara, membersihkan payudara dengan menggunakan air hangat dan air dingin secara bergantian.


Pijat Payudara

Pijat payudara sangat bermanfaat untuk ibu menyusui yang ingin agar keluarnya ASI bisa lancar. Pijat payudara dapat membersihkan saluran susu, sehingga susu mengalir lebih lancar dan cepat mengosongkan payudara, yang akhirnya memacu produksi ASI lebih berlimpah lagi.

Seperti yang dikutip dari Journal of Human Lactation, berikut ini adalah cara melakukan pijat payudara untuk membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI:
  1. 1. Oleskan losion, misalnya minyak zaitun agar payudara tidak sakit dan kulit payudara lebih lembut. Mulai dengan memompa atau memencet lembut kelenjar getah bening di ketiak, untuk melancarkan aliran darah dan racun.
  2. 2. Usap-usap payudara atau peras secara lembut untuk melancarkan aliran darah. Jangan menekan payudara terlalu kuat karena dapat merusak jaringan kelenjar.Jika payudara mulai terasa hangat, itu tandanya aliran darah mulai meningkat dan merupakan respon yang baik terhadap pijatan.
  3. 3. Lakukan tekanan lembut mulai dari bagian tengah payudara dan buat beberapa hentakan kecil ke arah luar dari puting.
  4. 4. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar, mula-mula searah jarum jam, kemudian ganti menjadi berlawanan arah jarum jam. Lakukan ganti-ganti gerakan ini sekitar 10 kali.
  5. 5. Lakukan pijatan dengan gerakan spiral menggunakan ujung tiga jari tengah, dari tepian payudara ke arah puting. Lakukan perlahan hingga seluruh payudara terpijat merata, untuk merangsang produksi ASI.
  6. 6. Jangan lupa oleskan minyak zaitun (baby oil) ke puting lalu dipencet-pencet lembut. Ini untuk mengeluarkan banyak kotoran semacam komedo yang dapat menyumbat keluarnya aliran ASI.
  7. 7. Lakukan kompres hangat pada payudara dengan handuk atau waslap. Tempelkan handuk hangat pada payudara, tekan-tekan secara perlahan. Kompres hangat membantu ibu rileks dan merangsang oksitosin.

Waktu melakukan pijat payudara sebaiknya rutin dilakukan setiap hari, misalnya sambil mandi selama 20 menit (setiap sisi payudara selama 10 menit). Untuk merangsang produksi ASI, pijat payudara sebaiknya sudah rutin dilakukan sejak masa kehamilan.



5 Unpredictable of Mind: My Pregnancy : 37 Weeks "Persiapan Lancar ASI" Banyak baca dan mendengar, semakin dekat dengan "due date". apalagi ditambaha cerita pengalaman teman-teman yang seperjuangan bar...

No comments:

Post a Comment

< >