+ -

Pages

Wednesday 2 March 2016

It's Raining


Mengenal ciptaan Allah "Hujan"








MANFAAT MAIN HUJAN-HUJANAN

Mira mengungkapkan manfaat main hujan-hujanan:

1. Mengembangkan daya eksplorasi anak

Saat butir-butir hujan turun, anak-anak usia prasekolah biasanya selalu ingin mengeksplorasinya. Ternyata air hujan itu bisa membuat rumput pekarangan rumah terendam air. Juga got-got di jalan meluap hingga menyebabkan jalan tergenang. Manfaatnya peristiwa itu untuk memberikan masukan kepada anak. "Makanya, kalau buang bungkus permen jangan sembarangan, soalnya bisa membuat got tersumbat dan akhirnya mengakibatkan banjir."

2. Melatih motorik kasar

Bermain hujan-hujanan kerap diiringi berbagai permainan aktif. Anak-anak bisa berlari-larian, berloncat-loncatan, atau saling mencipratkan air. Permainan tersebut sangat baik untuk melatih motorik kasar, juga melatih kekuatan otot-otot tubuhnya. Aktivitas ini ibarat olahraga yang mampu membuat tubuh anak sehat dan bugar.

3. Melatih sosialisasi

Bermain saat hujan biasanya dilakukan secara berkelompok. Permainan yang dilakukan secara berkelompok memang dirasakan lebih menarik. Saat bermain, anak belajar bergaul dan beradaptasi dengan teman-temannya.

4. Mengasah kecerdasan alam
Lewat bermain hujan-hujanan, orang tua bisa mengenalkan berbagai fenomena alam dengan bahasa sederhana. Orang tua bisa mengenalkan fenomena hujan. Dengan begitu, kecerdasan alam anak akan semakin terasah. Anak-anak setidaknya tahu apa yang terjadi dalam lingkungannya.

5. Mengembangkan imajinasi

Saat bermain, anak-anak juga kerap mengembangkan imajinasinya. Di bawah terpaan hujan anak dapat mengumpamakan dirinya sebagai seorang penari. Juga ada anak yang membayangkan dirinya sebagai seorang jagoan. Semua itu bisa berdampak positif terhadap perkembangan mental anak. Selain imajinasi, anak-anak juga bebas mengembangkan ekspresinya. Mereka bebas berteriak, melompat, dan berlari-larian.

6. Menghilangkan stres
Aktivitas bermain membuat anak gembira. Terlebih jika ia sudah ikut kegiatan "sekolah". Aktivitas-aktivitas di "sekolah" yang membosankan bisa membuat anak stres. Nah, dengan bermain, anak bisa menghilangkan stresnya.

JANGAN BIARKAN MAIN HUJAN, JIKA ....

Baik Mira maupun Adi tidak setuju jika main hujan-hujanan dilakukan di tengah kondisi seperti ini:

1. Hujannya disertai petir

Petir sangatlah berbahaya karena mengandung muatan listrik yang sangat besar. Peristiwa alamiah ini juga tidak bisa dicegah. Petir akan menyambar objek di permukaan bumi berupa bangunan, instalasi, pepohonan tinggi, dan orang yang berada di tempat terbuka. Anak-anak yang bermain di pekarangan berisiko terkena petir.

Tanpa dilarang pun, anak-anak biasanya langsung takut begitu mendengar suara petir. Otomatis mereka juga akan segan bermain hujan-hujanan yang disertai petir.

2. Anak sedang sakit

Banyak anak tertarik bermain hujan-hujanan meskipun sedang sakit atau baru sembuh dari sakit. Dalam kondisi tubuh seperti ini, daya tahan tubuhnya sangatlah rendah. Dikhawatirkan ia akan jatuh sakit lagi. Orang tua tentunya bisa mengajukan keberatan dengan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami, seperti, "Kalau main hujan-hujanan sekarang, sakit kamu bisa bertambah parah. Kalau sudah sembuh benar, Ibu juga akan izinkan, kok."

3. Mainnya di luar lingkungan rumah

Bermain hujan-hujanan di luar pekarangan rumah juga tidak diajurkan. Selain anak jadi tidak mudah diawasi, risiko lain juga mengintai, seperti pohon tumbang, tersengat kabel listrik yang putus, terpeleset ke dalam got, atau tertabrak kendaraan.

4. Terlalu lama
Batasi main hujan-hujanan hanya sampai 30 menit atau satu jam saja. Jangan lebih dari itu, karena akan membahayakan kesehatan anak.
5 Unpredictable of Mind: It's Raining Mengenal ciptaan Allah "Hujan" MANFAAT MAIN HUJAN-HUJANAN Mira mengungkapkan manfaat main hujan-hujanan: ...

No comments:

Post a Comment

< >